[Infografis] Tips Mudik Aman dan Nyaman di Perjalanan

0

Memasuki minggu terakhir puasa, tentunya persiapan mudik (pulang kampung) haruslah sudah dipersiapkan dengan maksimal. Baik itu mudik dengan kendaraan umum, pesawat, kapal lau, bis, maupun mudik dengan kendaraan pribadi, mobil dan motor. Semuanya haruslah dalam kondisi prima.

Agar mudik anda terasa lebih nyaman dan aman ada beberapa hal yang mesti anda siapkan. Karena untuk mudik (perjalanan jauh) tidak hanya kesiapan fisik kendaraan, tapi juga fisik dan mental anda sendiri. Faktor kesehatan anda juga menjamin kelancaran mudik, demi menghindari kelelahan di perjalanan.

Berikut persiapan yang harus siapkan saat dan ketika mudik. Agar perjalanan pulang kampung lebih aman dan nyaman.

Bawa Barang Seperlunya

meme mudik

Tips Mudik Aman dan Nyaman (src : brilio.net)

Hindari untuk membawa barang secara berlebihan. Packing barang seperlunya, hindari membawa barang yang nantinya malah membuat repot dan berat dibawa-bawa tapi tidak berguna sama sekali. Anda bisa meminimalkan bawang bawaan dengan membuat list barang yang akan dibawa. Buatlah daftar berdasar tingkat kebutuhan. Hal ini juga penting, agar saat packing anda bisa mengaturnya sedemikian rupa, sehingga saat dibutuhkan anda tidak perlu membongkar koper anda.

Jalur Alternatif

meme mudik

Tips Mudik Aman dan Nyaman (src : brilio.net)

Masih ingat dengan Tragedi Brexit saat mudik tahun 2016? Agar kejadian serupatidak terulang, sebaiknya anda mengetahui jalan-jalan alternatif. Daripada anda menghabiskan bahan bakar dan energi karena stuck , lebih baik anda mengambil jalan memutar. Selain untuk menghindari stress, berlama-lama dalam kondisi macet membuat kondisi tubuh cepat lelah.

Baca Juga :   Pulau Cantik di Pulau Seribu yang 'Cozy Banget' Untuk Tempat Wisata

Uang & Kartu Identitas

meme mudik

Tips Mudik Aman dan Nyaman (src : brilio.net)

Bagi anda yang mudik dengan kendaraan pribadi, misalnya dengan mobil, pastikan semuanya surat-surat sudah lengkap. Tak hanya STNK, tapi juga identitas pribadi anda seperti SIM dan KTP. Selain itu sebaiknya anda membawa perlengkapan penunjang lainnya, terutama untuk kendaraan darurat. Nomor darurat seperti keluarga, kantor polisi, SPBU, derek dan bengkel servis kendaraan.

Selain itu, biasakan membawa uang cash (pecahan). Nanti uang ini bisa anda gunakan untuk membayar tol, toilet, parkir dan kebutuhan lainnya selama di perjalanan. Karena di dalam perjalanan anda tidak bisa memastikan semuanya bisa dibayar dengan kartu debit, ataupun memastikan letak mesin ATM

Oleh-oleh

meme mudik

Tips Mudik Aman dan Nyaman (src : brilio.net)

Menjelang mudik seringali keluarga di kampung sudah menitipkan berbagai macam oleh-oleh untuk dibawakan. Hal ini tentunya membuat dilema. Selain menambah banyak bawaan anda, hal ini justru membuat bingung saat packing. Bahkan saking banyaknya oleh-oleh, barang pribadi sendiri sampai tidak muat di koper.

Baca Juga :   Festival Siti Nurbaya 2017 digelar 13-16 April. Berikut Lomba dan Jadwal Lengkapnya

Saat Kena Macet

meme mudik

Tips Mudik Aman dan Nyaman (src : brilio.net)

Macet saat mudik memang tidak bisa terhindarkan. Semua orang ingin berlebaran dengan keluarga besar di kampung halaman. Solusinya, anda harus pandai-pandai mengatur waktu, misalnya dengan berangkat malam hari ataupun pagi-pagi sekali.

Untuk mengurai macet, pemerintahpun sudah menambah ruas tol yang bisa anda gunakan untuk mudik. Misalnya saja untuk perjalanan Jakarta – Semarang, anda bisa menggunakan ruas tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang. Belum lagi tol Trans Jawa dan Tans Sumatera yang bisa anda gunakan untuk mudik tahun ini.

Pastikan Semuanya Oke

meme mudik

Tips Mudik Aman dan Nyaman (src : brilio.net)

Hal yang paling penting sekali, sebelum anda mudik pastikan anda mempunyai kampung halaman. Kalau anda lahir di jakarta, besar di Jakarta dan semua keluarga besar di Jakarta. Jangan ikut-ikutan mudik, karena cuma menambah pegel saja.

Pastikan Tempat Tujuan Mudik

meme mudik

Tips Mudik Aman dan Nyaman (src : brilio.net)

Satu hal lagi yang tidak kalah urgennya, yaitu pastikan alamat pasti kampung halaman anda. Jangan sampai anda salah jalur, misanya ingin ke Madura tapi malah naik bus ke Sumatera, lalu dari Aceh naik pesawat ke Madura. Jangan, itu terlalu gegabah. Jangan pula anda berhenti tidak pada tempatnya, misalnya anda ingin ke Surabaya tapi baru sampai Semarang anda sudah turun.

Demikian tips mudik kali ini, semoga selamat sampai di tujuan. Selamat merayakan lebaran Idul Fitri bersama keluarga 😀

Comments

comments

Share.

About Author

Blogger Musiman yang Hobi Jalan, jalan, nonton dan Bermain Musik. Senang sekali membahas sesuatu yang unik dan tidak penting dari sudut pandang berbeda

Comments are closed.