Asal Usul Pulau Setan di Kawasan Wisata Mandeh, Sumatera Barat

0

Apa yang terpikir pertama kali di benak anda ketika mendengar nama Pulau Setan? Mungkin anda akan berfantasi liar dengan memikirkan kisah kisah horor yang akan terjadi di Pulau ini. Lalu apa sebenarnya yang terjadi? kenapa salah satu gugusan Pulau di Kawasan Wisata Mandeh ini dinamai demikian.

Istilah Pulau Setan sendiri sebenarnya sudah lebih dahulu disematkan pada sebuah pulau yang termasuk dalam wilayah Guyana Perancis. Nama lain pulau ini adalah Île Royale dan Île Saint-Joseph. Pulau Setan menjadi pulau penjara di Perancis antara tahun 18521953 dan terkenal dalam Peristiwa Dreyfus. Tapi kita tidak akan Pulau Setan yang satu ini.

Pulau Setan yang kita maksud berada masih dalam kawasan Wisata Mandeh, Sumatera Barat. Mungkin sobat traveller semua sdah sangat akrab dengan Pulau Pasumpahan, Pulau Pagang, Pulau Pisang, namun bagaimana dengan Pulau Setan?

Pulau Setan terletak di sebelah barat Sungai Pisang dan di sebelah timur Pulau Pasumpahan. Wisatawan dapat menuju Pulau Setan dengan menempuh perjalanan laut dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Carocok Tarusan. Perahu-perahu di TPI Carocok Tarusan siap mengantarkan menuju Pulau Setan dengan tarif pergi pulang (PP) Rp 20.000/orang.

“Awalnya pulau ini dinamakan Pulau Sultan, namun karena kesalahan dan kesulitan dalam penuturan, lama kelamaan lebih akrab didengar sebagi pulau setan” tutur salah seorang pemandu wisata di kawasan mandeh. Jadi anda jangan paranoid terlebih dahulu, tidak ada hal menyeramkan di Pulau Setan. Hanya keindahan ciptaan tuhan yang Maha Esa. Pulau satu ini sangat direkomendasikan untuk anda yang berwisata ke kawasan Mandeh di Pesisir Selatan. Pulau dengan nama Unik dan keindahan alam yang sangat memanjakan mata. sangat cocok untuk anda sobat traveller yang menyukai wisata laut dan kepulauan.

Bagaimana? Sumatera Barat bukan cuma Jam Gadang kan?

ayo piknik ke Sumatera Barat 😀  

~Cari Cara Lain~

Comments

comments

Share.

About Author

Undergraduated student from University of Indonesia. Tertarik pada ilmu perilaku dan manusia. Setiap manusia itu unik, hanya tak semua bisa mengerti dan menerima.

Comments are closed.