Festival Siti Nurbaya 2017 digelar 13-16 April. Berikut Lomba dan Jadwal Lengkapnya

0

Festival Siti Nurbaya 2017 diharapkan tetap melanjutan kesuksesan iven yang sudah masuk tahun ketujuh tersebut. Untuk itu, tentunya pemerintah kota Padang akan menjadikan iven budaya ini lebih menarik dari tahun sebelumnya. Kehadiran acara budaya ini telah sukses mendongkrak pariwisata di Padang khususnya, sekaligus menjadi momentum tepat memperkenalkan Tugu perdamaian dan Muaro Lasak sebagi Ruang terbuka tempat masyarakat bisa bertemu dan bersosialisasi.

Unik dan sarat akan kearifan lokal, sehingga sangat cocok menadi ikon budaya mewakili ibukota Sumatera Barat tersebut.  Berikut info lengkap Festival Siti Nurbaya (FSN) 2017

Jadwal

Acara perhelatan budaya ini akan belangsung tanggal 13 s.d 16 April 2017. Untuk pembukaan akan dilaksanakan di Jembatan Siti Nurbaya, Batang Arau. Sedangkan untuk penutupan akan dilaksanakan di Danau Cimpago.

Lomba

Jenis perlombaan tahun ini akan lebih meriah, apalagi dengan ditambahkannya Sipak Rago dan Pidato Adat Minang. Berikut beberapa perlombaan yang akan tetap dimasukan dalam FSN 2017.

  • Malamang
  • Baju Kuruang Basiba
  • Sandal Tampuruang
  • Tari Minang
  • Cipta Puisi
  • Membuat Palai Bada
  • Manggiliang Lado
  • dll
Baca Juga :   [Infografis] Tips Mudik Aman dan Nyaman di Perjalanan

Hadiah

Perlombaan akan memperebutkan juara 1, 2 dan 3. Khusus untuk juara umum 1, 2 dan 3 akan mendapatkan hadiah yang luar biasa.

  • Juara umum 1 : 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing
  • Juara umum 2 : 6 ekor kambing
  • Juara umum 3 : 4 ekor kambing

Iven yang terutama ditujukan untuk menarik minat dan partisipasi pemuda minang, terutama kota Padang untuk lebih mencintai budaya, serta ikut serta melestarikannya.

Festival Siti Nurbaya merupakan wisata budaya. Festival ini digelar mulai 7 hingga 10 september 2016 lalu. Ada banyak perlombaan yang diadakan pada event ini. Acara terbagi menjadi dua fase, yaitu Pra-Event dan Event. Berikut dibawah ini rangkaian acara yang akan digelar pada Festival Siti Nurbaya 2016.

—1. PRE EVENT

  1. Lomba Sosial Media : Twitter, Instagram, Facebook
  2. Lomba Menulis Blog
  3. Wall of fame di Muaro Lasak dan Monumen Perdamaian
  4. Dukungan foto hastag #FestivalSitiNurbaya

2. MAIN EVENT

  1. Karnaval #FestivalSitiNurbaya
  2. Lomba Perahu Hias
  3. Lomba Maelo Pukek
  4. Lomba Selaju Sampan
  5. Lomba Panjat Pinang
  6. Lomba Fotograpi (liputan Event Siti Nurbaya 2016)
  7. Lomba Giliang Lado (eksibisi)
  8. Lomba Malamang (eksibisi)
  9. Lomba Kukur Karambiah (eksibisi)
  10. Lomba Video(liputan Event Siti Nurbaya 2016-Eksibisi)
  11. Permainan Anak Nagari : Sipak Rago, Enggrang, Tarompa Tampuruang (eksibisi)
  12. Gathering Komunitas Kota Padang
  13. Pentas Seni Tradisional dan Musik Pop
Baca Juga :   Asal Usul Pulau Setan di Kawasan Wisata Mandeh, Sumatera Barat

Pada Festival Siti Nurbaya Tahun ini, penyelenggara memberikan warna baru. Menyadari akan masifnya dampak sosial media dewasa ini. Panitia mengadakan lomba pre-event  berupa lomba mempublikasikan event ini di sosial media. Facebook, Twitter, Instagram. dengan tagar #FestivalSitiNurbaya

Tujuan utama diadakannya festival Siti Nurbaya  ini adalah untuk menarik minat muda-mudi minangkabau untuk melestarikan kebudayaan minang. Karena memang jenis perlombaan pun adalah permainan anak nagari. Sangat merakyat dan mencerminkan budaya sehari-hari minangkabau.

Selain itu diadakannya festival kebudayaan juga untuk memperkenalkan keragaman budaya minangkabau di mata dunia. Menjadikan padang (minangkabau) sebagai ikon wisata budaya. Karena memang selain terkenal akan keindahan Nature nya, Minangkabau juga terkenal akan keragaman Culture  nya.

Lihat Info lengkap Festival Siti Nurbaya di www.festivalsitinurbaya.com

 Bangga Berbudaya

#ProudOfMinangkabau

Comments

comments

Share.

About Author

Undergraduated student from University of Indonesia. Tertarik pada ilmu perilaku dan manusia. Setiap manusia itu unik, hanya tak semua bisa mengerti dan menerima.

Comments are closed.